Monday, July 23, 2018

Saat Ngantuk Jangan Minum Kopi

Selamat datang di webset kami semoga informasi dari kami bisa membantu anda  berikut pembahasan saat rasa ngantuk tanpa minum kopi adalah?
Bagi yang kerap minum kopi dengan tujuan untuk menetralisasi kantuk dan menyegarkan tubuh, sebaiknya segera mengubah cara pandang tersebut, Jangan minum kopi saat ngantuk, mengingatkan bahwa kafein hanya menghambat kantuk, namun otak tetap saja lelah. Jika lelah dan ngantuk, obatnya hanya satu, yakni tidur. “Jangan minum kopi pada saat ngantuk” tegasnya, Waktu minum kopi harus disesuaikan dengan rencana tidur, Jika ingin tidur pukul delapan pagi, berarti waktu berakhir mengonsumsi kopi adalah pukul delapan sampai sembilan malam, Pasalnya, kafein mempunyai efek selama 9 – 12 jam. Dan, efek kafein mulai bekerja setelah 30 menit diminum.

Maka kalau kerja shiftmalam, jangan minum kopi pukul dua atau tiga pagi, karena itu baru ngantuk-ngantuknya. Minumlah sebelum kerja shift, misalnya pukul sembilan malam,” terang Prasadja. Hal ini sebaiknya dilakukan supaya pola tidur tidak terganggu: bisa terjaga di malam hari dan pada pagi harinya bisa tidur.

Thursday, July 19, 2018

Manfaat Kopi Hitam Untuk Pria Dan Wanita Yang Harus Diketahui

Manfaat Kopi Hitam Untuk Pria Dan Wanita Yang Harus Diketahui.- Tidak ada yang menyangka bahwa ternyata manfaat kopi bisa dirasakan secara berbeda berdasarkan pria dan wanita. 

Dengan kata lain, manfaat kopi bagi pria dan wanita berbeda. Kali ini kita akan membahasnya secara rinci. Berikut ini adalah manfaat kopi hitam bagi pria dan wanita.

Manfaat kopi hitam bagi pria

Manfaat kopi hitam akan lebih terasa bagi pria jika dikonsumsi dengan benar dan takaran yang sesuai. Ingat, jangan sampai berlebihan. Ada banyak pendapat mengenai takaran yang benar dalam sehari orang harus minum kopi hitam. Namun yang paling masuk akal adalah 2 cangkir per hari. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan manfaat kopi hitam seperti di bawah ini.

  • Meningkatkan memori
  • Meningkatkan kinerja selama olahraga
  • Bermanfaat untuk hati
  • Meningkatkan kecerdasan
  • Membersihkan perut
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Meningkatkan kesehatan kardiovaskular
  • Sumber antioksidan
  • Mengurangi risiko diabetes
  • Mengurangi risiko kanker
  • Mengurangi stres dan depresi
  • Melindungi dari penyakit asam urat

Manfaat kopi hitam bagi wanita

Sementara itu, manfaat kopi hitam bagi wanita juga berbeda. Ada pun manfaat bagi wanita dari meminum kopi dengan takaran yang sesuai adalah sebagai berikut.

  • Menghindari stres dan rasa depresi
  • Menjaga kesehatan hati
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Menangkal kanker kulit
  • Mengatasi risiko diabetes tipe II
  • Sumber antioksidan 
Namun perlu diingat bahwa untuk wanita sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi kopi hitam. Pasalnya kopi dapat menimbulkan efek kecanduan, sehingga membuat orang yang mengonsumsi kopi selalu ingin mengonsumsinya lagi dan lagi. Padahal apabila konsumsi kopi melebihi jatah normal, maka bagi wanita kopi dapat menimbulkan kerusakan dan menimbulkan gangguan kesehatan. Bahkan konsumsi yang terlalu banyak dapat mengurangi kesuburan bagi wanita dan apabila dilanjutkan dapat menjadikan wanita mandul. Selain beberapa bahaya tersebut, kopi juga dapat menimbulkan gangguan lain seperti insomnia, gugup tremor, mual, jantung berdebar dan rasa kegelisahan.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan, semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat.

Tuesday, July 17, 2018

Manfaat Kopi Hijau Untuk kesehatan

Manfaat Kopi Hijau Untuk kesehatan.- Kopi hijau adalah biji kopi dari buah coffee yang belum dipanggang. 

Karena proses pemanggangan biji kopi dapat mengurangi jumlah asam klorogenat, biji kopi hijau memiliki tingkat asam klorogenat yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi biasa (biji kopi panggang).

Diduga, asam klorogenat ini memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan. Mulai dari obat obesitas, diabetes, hipertensi, Alzheimer, bahkan sampai infeksi bakteri.

Berikut ini adalah manfaat kopi hijau:

1. Menurunkan berat badan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Maret 2006 di BMC Complementary and Alternative Medicine, suplemen harian ekstrak biji kopi hijau dapat mengurangi lemak tubuh dan berat badan, serta komposisi lemak di hati pada tikus. Pada penelitian tersebut terlihat kafein dan asam klorogenat sebagai senyawa utama untuk menurunkan berat badan. Asam klorogenat yang terdapat pada biji kopi yang belum dipanggang dapat dicerna dan diserap oleh manusia sama seperti yang terdapat pada ekstraknya.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Selain fungsinya untuk menurunkan berat badan, asam klorogenat pada kopi hijau juga dapat mengurangi tekanan darah. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2006 di Clinical and Experimental Hypertension menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi per hari menunjukkan penurunan tekanan darah. Selama ini, belum ada efek samping yang dilaporkan oleh pasien, sehingga minuman ini dapat kita sebut sebagai cara yang aman untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

3. Meningkatkan mood dan kinerja kognitif

Kafein yang ada dalam kopi hijau memiliki efek yang positif pada suasana hati dan juga pada aktivitas otak Anda. Menurut penelitian yang dipublikasikan pada bulan Februari 2008 di Nutrition Bulletin, beberapa studi telah mengonfirmasi bahwa kafein dapat meningkatkan reaksi waktu, kewaspadaan, memori, fokus, ketahanan tubuh, dan berbagai faktor lain dari kinerja kognitif.

4. Kandungan antioksidan

Salah satu kandungan kopi adalah antioksidan yang dapat megurangi efek radikan bebas yang merusak sel tubuh kita. Jadi dengan minum kopi secara cukup, sebenarnya kopi itu menyehatkan.

Selain itu berdasar hasil penelitian yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, salah satu jenis antioksidan yang ada dalam biji kopi terutama kopi hijau, secara nyata dapat mencegah perkembangan beberapa jenis sel kanker.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan, semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda.  



posted by.  oorded.blogspot.com/



Sunday, July 15, 2018

Manfaat Kopi Hitam Yang Harus Diketahui

Manfaat Kopi Hitam Yang Harus Diketahui.- kopi adalah salah satu pilihan minuman yang digemari banyak orang di dunia. 

Kita beruntung untuk tinggal di Indonesia karena di tanah air biji kopi tumbuh menjadi beragam jenis dan aroma yang diakui kualitasnya di seluruh dunia.

Kopi sendiri terkenal dengan kandungan kafeinnya. Ya, kafein memang sangat bermanfaat untuk tubuh, namun perlu diingat, takaran kafein yang masuk ke dalam tubuh hendaknya tetap di jaga agar tidak terlalu banyak. Jika takaran kafein yang masuk dalam tubuh sesuai, maka hal itu akan dapat menambah energi dan juga stamina. Stamina yang dihasilkan oleh kafein itulah yang membuat Anda tetap terjaga. Sehingga banyak sekali orang yang percaya bahwa kopi dapat menghilangkan kantuk.

Manfaat Kopi Hitam

Manfaat kopi hitam banyak sekali. Mulai dari dapat menghilangkan depresi, mengatasi diabetes, diet, dan lain sebagainya. Kita akan membahasnya di sini.

1. Mencegah depresi

Manfaat kopi hitam salah satunya adalah untuk mencegah terjadinya depresi dengan menenangkan pikiran dan membuat semua terasa lebih santai. Depresi biasanya disebabkan karena tidak berjalannya suatu harapan sesuai dengan kenyataan yang ada. Bentuk dari kekecewaan tersebut dapat menjadikan depresi yang berlangsung lama ataupun sebentar saja tergantung daya tahan individu.

2. Memperlancar metabolisme tubuh

Agar metabolisme tubuh menjadi lancar dan kinerja organ terjaga, kopi hitam dapat memberikan manfaat tersebut. Manfaat kopi hitam yang satu ini cukup menjanjikan karena sudah memiliki banyak bukti.

3. Meningkatkan daya ingat

Manfaat kopi selanjutnya adalah untuk meningkatkan daya ingat terhadap sesuatu. Seiring dengan pertambahan usia semua orang akan mengalami kemunduran daya ingat. Untuk mencegah hal ini agar tidak terjadi lebih awal baiknya rajin mengonsumsi kopi hitam. Kopi hitam ini berfungsi untuk meningkatkan daya ingat. Sehingga tidak hanya cocok untuk dikonsumsi oleh orang dewasa namun anak anak dalam usia pertumbuhan juga dibolehkan untuk mengonsumsi kopi hitam ini. Namun tetap ingat untuk selalu mengonsumsi kopi hitam dalam jumlah yang cukup dan tidak boleh berlebihan.

4. Meredakan sakit kepala

Anda tidak akan percaya saat membaca ini. Tapi percayalah bahwa salah satu manfaat kopi hitam adalah mengatasi sakit kepala. Kopi hitam dapat menenangkan pikiran sehingga menjadi aman. Namun ingat untuk tidak mengonsumsi kopi hitam dalam jumlah yang berlebih. Konsumsilah sebatas yang anda butuhkan saja.

5. Diabetes

Jika Anda mengonsumsi kopi hitam secara teratur, manfaat kopi akan terasa sebagai pencegah diabetes. Sebagaimana yang kita tahu, penyakit diabetes disebabkan karena berkurangnya kemampuan hormon insulin untuk mengatur kadar gula dalam darah. Diabetes dapat disebabkan karena faktor genetik dan juga pola hidup yang tidak sehat jadi untuk mencegah diabetes perlu menerapkan pola hidup sehat seperti gemar mengonsumsi sayuran dan buah buahan serta rajin berolahraga.

6. Mencegah kanker kulit

Tahukah Anda bahwa kopi hitam mampu mencegah terjadinya kanker kulit? Ya, jika Anda masih ragu, ini saat yang tepat untuk menjelaskannya. Orang yang minum sedikitnya empat gelas kopi sehari memiliki risiko 20% lebih rendah terserang kanker kulit melanoma (jenis kanker yang berkembang pada melanosit, sel pigmen kulit yang berfungsi sebagai penghasil melanin) dibandingkan bukan peminum kopi. Tentu saja bukan berarti kita hanya harus minum kopi setiap harinya untuk terhindar dari kanker kulit, ya.

Kafein yang terkandung di dalam kopi diyakini bisa bermanfaat membantu menekan sel-sel tubuh yang berpotensi menjadi kanker saat terkena matahari. Selain itu, zat yang terkandung di dalam kopi juga diklaim bisa menangkis stres oksidatif pada kulit. Stres yang dimaksud adalah kondisi di mana kulit tubuh mengalami stres akibat terlalu banyak terpapar sinar UV, seperti kulit memerah, muncul bintik-bintik hitam, terbakar, kerusakan DNA, hingga penuaan dini.

7. Kandungan alami antioksidan

Antioksidan merupakan zat alami yang di produksi langsung oleh tubuh dari dalam. Namun terkadang jumlah antioksidan tidak mencukupi sehingga diperlukan tambahan dari luar tubuh seperti mengonsumsi buah buahan dan sayuran yang kaya akan antioksidan alami. Antioksidan memiliki fungsi untuk menangkal serangan radikal bebas yang membuat penuaan dini pada kulit. Adapun sumber antioksidan alami selain dari buah adalah dengan mengonsumsi kopi hitam.

8. Memperlancar diet

Siapa sangka ternyata kopi hitam juga baik untuk diet anda. Bagi wanita memiliki berat badan yang ideal merupakan salah satu kebahagiaan tersendiri dalam hidup. Berat yang ideal membuat anda tampil lebih percaya diri untuk mengambil peran di depan publik. Tidak usah repot repot dengan mengonsumsi berbagai obat diet karena dengan mengonsumsi kopi hitam dapat membantu anda menurunkan berat badan.

9. Mencegah penyakit jantung

Kopi hitam ternyata juga baik untuk mencegah penyakit jantung. Jantung merupakan salah satu organ yang berfungsi untuk mengalirkan darah keseluruh tubuh. Sehingga setiap organ tubuh mendapat bagian untuk dapat melaksanakan tugasnya secara baik. obatjantungbocortradisional1.aldotter.com

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan, semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda.

Monday, July 9, 2018

Ini 5 Aturan Untuk Dapatkan Tidur Siang Penuh Manfaat

Ini 5 Aturan Untuk Dapatkan Tidur Siang Penuh Manfaat.- Tidur siang adalah suatu kemewahan bagi orang dewasa. Ketika memiliki waktu melakukannya, tentu Anda ingin bisa menikmati tidur siang semaksimal mungkin.

Dan kini rupanya tidur siang mulai dianggap sebagai sesuatu yang penting. Beberapa kota besar di Amerika Serikat bahkan menyediakan tempat khusus untuk para pegawai yang ingin beristirahat sejenak.

Asisten profesor psikologi di University of Pennsylvania, Philip Gehrman, PhD mengatakan, tidur siang sekarang tidak lagi dihubungankan dengan rasa malas atau anak-anak, tapi sebagai sesuatu yang cool.

Hal ini juga bukannya tanpa alasan. Tidur siang bisa mengurangi rasa lelah dan mengantuk, sehingga bisa mendongkrak performa pegawai. Memperbaiki kreativitas, produktivitas, ingatan, dan suasana hati.

Bahkan, tidur siang juga dikatakan bisa memperbaiki sistem imun dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Namun harus diingat juga. Tidur siang yang salah bisa mengganggu tidur malam Anda, dan merusak segala manfaatnnya.

Jadi, agar bisa mendapatkan segala keuntungan tidur siang, berikut cara melakukannya dengan benar, melansir Women's Health, Selasa (10/7/2018):

1. Paling lama 90 menit
 
Jika kamu butuh untuk jadi segera segar, tidur siang selama 15 sampai 30 menit saja sudah cukup, Gehrman menjelaskan.

Merasa mentalmu terblokir sehingga tak bisa berpikir, atur alarm-mu untuk waktu tidur siang yang lebih panjang.

"Tidur siang selama 90 menit bisa membantumu kembali kreatif dan terdekompresi, karena hal ini telah mencapai lingkaran tidur yang penuh. Dari tidur yang paling ringat ke tahapan paling dalam, dan bangun dalam kondisi segar," ujar Sara Mednick, PhD, profesor di University of California di Irvine, dan penulis buku Take a Nap! Change Your Life.

Namun, hati-hati juga saat mengatur jam tidurmu. Terbangun di tengah-tengah siklus tidur (ketika berada pada tahapan terdalam) bisa menyebabkan inertia, rasa grogi yang susah dihilangkan.

Untuk menghilangkan rasa kantuk setelah bangun tidur, rencanakanlah aktivitas yang membuatmu harus mengambil keputusan (misalnya memilih pakaian) dalam waktu 20 menit sejak terbangun.

Hal ini akan memberi tubuh dan pikiranmu waktu untuk bugar dan segar.

2. Lewatkan olahraga sebelum tidur

Jangan berolahraga sebelum tidur siang. Olahraga bisa menstimulasi otak, membuat tidur jadi lebih sulit.

"Walaupun olahraga bisa mendongkrak energi, hal ini tidak mencukupi kebutuhan otak dan tubuh untuk beristirahat," ujar Gehrman.

Lagipula, pakar kebugaran mengatakan, tidur siang bisa memberikan tenaga ekstra untuk olahragamu.

Tapi jika kamu memang hanya bisa berolahraga sebelum waktu tidur siang, tak perlu pusing. Pasatikan saja ada jeda dua jam di antara dua aktivitas ini.

3. Konsisten

Usahakan selalu tidur siang di jam yang sama setiap hari, bahkan walaupun kamu hanya bisa melakukannya di akhir pekan.

"Dengan selalu mengikuti jadwal, tubuh akan belajar kapan waktunya istirahat. Jadi kamu bisa tertidur lebih cepat, dan tidak terlalu grogi saat bangun," papar Gehrman.

Kebanyakan orang biasanya akan merasa lelah pada pukul 2 sampai 4 siang. Namun jika tubuh memberikan tanda kelelahan (kepala mulai terkulai, mengantuk, atau tidak bisa berhenti menguap) sebelum atau satelah jam tadi, itulah waktumu untuk tidur siang.

Pengecualian: jika kamu tidak memiliki kesempatan untuk tidur siang tiga atau empat jam sebelum tidur malam. Tidur siang terlalu sore bisa menyabotase waktu tidur malammu. Alternatifnya adalah, tidurlah setengah jam lebih cepat dari biasanya.

4. Senyaman mungkin

Beberapa orang mengatakan, tidur siang tanpa selimut atau dengan cahaya terang bisa mencegah mereka terlelap terlalu lama. Namun hal ini bisa bikin tidurmu gelisah dan tidak nyenyak, karena kamu tidak merasa nyaman, Gehrman menjelaskan.

Jadi, pilihlah posisi dan kondisi yang paling nyaman, misalnya di sofa.

"Aku lebih mudah bangun jika tidur siang di sofa, karena pikiranmu jadi bisa memisahkannya dari tidur malam yang sesungguhnya," ujar Mednick.

5. Jangan memaksakan diri

Faktanya, tidak semua orang bisa atau suka tidur siang. Bahkan, 50 persen orang tidak mendapatkan manfaat apa-apa dari tidur siang sehubungan dengan kebugaran dan produktivitas mereka. Hal ini berdasarkan riset yang dilakukan Mednick.

Jika kamu bukan seseorang yang suka tidur siang, ini artinya kamu memiliki ritme sirkadian monofase, alias, waktu tidurmu ditentukan siklus terang-gelap. Hal ini juga berarti, kamu telah memiliki istirahat yang cukup.

Berikan tubuhmu waktu selama sebulan mencoba tidur siang tiga kali dalam seminggu, sebelum memutuskan tidur siang bukanlah untukmu. Jika dalam jangka waktu ini kamu masih belum bisa juga tidur siang, atau terbangun dalam kondisi lebih lelah dan kesal, cobalah meditasi atau "quite rest."

Quite rest adalah ketika kamu berada di tempat yang bercahaya redup, beristirahat, tanpa mendapatkan informasi baru apapun (jadi tidak membaca atau menonton tv atau bermain ponsel).

sumber : https://www.liputan6.com/health/read/3584350/5-aturan-untuk-dapatkan-tidur-siang-penuh-manfaat

Nah itulah 5 aturan untuk mendapatkan tidur siang yang penuh dengan manfaat, semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda.