Pages

Jumat, 14 September 2018

Manfaat buah jeruk untuk kesehatan

Buah jeruk merupakan salah satu jenis buah yang memang sangat populer sekali di indonesia, dan tentu saja buah ini pun memiliki banyak sekali penggemarnya. Mungkin salah satunya adalah anda yang juga gemar mengkonsumsi buah jeruk, Untuk mendapatkan buah jeruk pun tidaklah sulit, karena memang buah ini sendiri sangat mudah sekali untuk kita dapatkan, mulai dari pasar tradisional hingga pasar-pasar swalayan pun buah jeruk banyak dijual, Buah jeruk juga memiliki berbagai macam jenis, mulai dari buah jeruk bali, jeruk madu, jeruk mandarin, jeruk nipis, jeruk lemon,  dan banyak lagi yang lainnya. Selain itu juga rasa dari buah ini ada yang manis, dan juga asam, Namun kalau untuk dijadikan sebagai jus, memang lebih segar memilih buah jeruk yang memiliki rasa masam, Untuk warna kulitnya sendiri ada 2, yaitu ada jeruk dengan warna kulit yang hijau, kuning dan juga ada jeruk yang memiliki warna orange.
Kandungan gizi buah jeruk

ternyata buah ini juga memiliki berbagai macam kandungan gizi dan juga nutrisi yang tinggi. Tentu saja tak hanya vitamin C yang terdapat dalam kandungan buah jeruk, namun masih ada banyak lagi berbagai macam jenis kandungan nutrisi dan vitamin lainnya yang terdapat pada buah jeruk ini, diantaranya yaitu :
  • Vitamin C
  • Vitamin A
  • Protein
  • Kalori
  • Serat
  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Mineral
  • Asam folat
  • Antioksidan yang tinggi
Serta masih ada banyak lagi berbagai macam kandungan nutrisi dan juga gizi yang terdapat pada buah jeruk ini, Sehingga manfaat buah jeruk juga memang cukup banyak.

Menurunkan resiko penyakit stroke

Salah satu khasiatnya untuk kesehatan adalah sangat baik sekali untuk membantu mencegah atau menurunkan resiko penyakit stroke. Dengan mengkonsumsi buah jeruk ini secara rutin, ternyata 19 %  lebih rendah untuk terkena penyakit stroke.

Menurunkan tekanan darah

Manfaat lain dari mengkonsumsi buah jeruk dalam jumlah yang tinggi adalah sangat baik sekali untuk membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh. Karena dengan mengkonsumsi buah jeruk ini, maka kita bisa mempertahankan asupan natrium didalam tubuh.

Mencegah kanker
Sumber vitamin C dan antioksidan yang sangat tinggi pada buah jeruk ini juga, ternyata sangat baik sekali dalam membantu untuk menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu pemicu terjadinya penyakit kanker didalam tubuh.  Sehingga dengan mengkonsumsi buah ini, maka bisa membantu untuk menurunkan resiko terjadinya penyakit kanker.

Menyehatkan jantung

Jantung juga akan menjadi lebih sehat dengan mengkonsumsi buah jeruk ini, karena kandungan serat, kalium , vitamin C dan kolin yang ada didalam buah jeruk ini, bisa membantu untuk menjaga kesehatan dari jantung anda.  Sehingga bisa menurunkan juga resiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

Menjaga sistem pencernaan

Manfaat buah jeruk yang berikutnya adalah sangat baik sekali dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kandungan mineral alkalin yang terdapat pada buah jeruk, dipercaya bisa membantu untuk mengimbangi tubuh  dalam proses pencernaan.

Sumber karbohidrat

Ternyata buah jeruk juga merupakan salah satu sumber dari karbohidrat. Namun dengan mengkonsumsi buah jeruk, tak akan mempengaruhi gula darah didalam tubuh anda.

Meningkatkan fungsi otak
Mengkonsumsi buah jeruk ini juga memberikan manfaat untuk meningkatkan fungsi pada otak. Kandungan asam folat yang terdapat pada setiap bulir buah jeruk ini, memang sangat baik sekali untuk membantu perkembangan dari otak. Apalagi kandungan fitonutrien yang ada pada buah jeruk ini bisa membantu meningkatkan memori didalam otak.

Menjaga sistem kekebalan tubuh
Buah jeruk yang merupakan sumber vitamin C ini, merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat untuk menjaga sistem kekebalan pada tubuh, dan melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Menjaga kesehatan ginjal

Mengkonsumsi buah jeruk pun memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan ginjal, dan mengurangi resiko terjadinya penyakit gagal ginjal.

Mengobati sariawan

Kandungan vitamin c yang tinggi pada buah jeruk ini, bermanfaat untuk mengobati sakit sariawan.

Cukup sekian informasi di atas semoga bermanfaat, Karena makanan pola hidup yang sangat lah penting. dan salam sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar