Pages

Jumat, 03 Agustus 2018

Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan adalah buah anggur yang kaya khasiatnya seperti buah anggur Hijau, merah, atau hitam. Tidak hanya warnanya yang beranekaragam, manfaat buah anggur untuk kesehatan juga banyak tersimpan di dalamnya.

Buah yang terasa manis dan mengandung banyak air ini dapat dimakan mentah atau digunakan untuk membuat minuman anggur, selai, jus, jelly, ekstrak biji anggur, kismis, cuka, atau minyak biji anggur. Tak hanya itu saja, dalam buah juga tersimpan berbagai nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.
Banyaknya manfaat buah anggur tak lepas dari jasa polifenol, yaitu senyawa pemberi warna cerah pada buah, Kandungan antioksidan polifenol dalam buah yang sudah ditanam sejak 6.000-8.000 tahun lalu ini memberi tubuh perlindungan dari penyakit dan kerusakan lingkungan, serta membantu melawan radikal bebas, Berikut beberapa manfaat buah anggur yang bisa kita ambil.

Jantung dan pembuluh darah

Polifenol dalam buah anggur mungkin mampu membantu mencegah penyakit kardiovaskular, melawan radikal bebas, diduga memiliki efek antiinflamasi dinding pembuluh darah sehingga  mengurangi tekanan darah dan resiko terjadinya aterosklerosis (pengerasan dinding pembuluh darah arteri), antiplatelet (mencegah penumpukan platelet), dan menunjang fungsi endotel, Menurut percobaan terhadap hewan, flavonoid dalam anggur juga mampu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh LDL (kolesterol jahat). Serat dan kalium dalam buah anggur juga mampu menjaga kesehatan jantung.

Kanker

Manfaat buah anggur selanjutnya adalah membantu memperlambat atau mencegah berbagai jenis kanker, termasuk paru-paru esofagus, mulut, faring, endometrium (lapisan terdalam pada dinding rahim), usus besar, pankreas, dan prostat. Tentu saja, itu berkat kandungan antioksidan polifenol, Dan menurut National Cancer Institute, kulit buah anggur merah mengandung polifenol jenis resveratrol yang diduga tidak hanya berguna untuk kesehatan jantung tapi juga berguna menjaga pembentukan dan penyebaran kanker.
Insufisiensi vena kronis

Mengonsumsi ekstrak biji buah anggur diduga dapat mengurangi gejala insufisiensi vena kronis seperti kaki terasa berat, lelah, tegang, nyeri, dan kesemutan, Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa makan ekstrak daun anggur tertentu mampu menurun kaki bengkak setelah 6 minggu.

Karena itu lah konsumsi buah-buahan yang mengandung kalbuhidratnya yang sangat tinggi seperti yang di atas ini, Sampai disini saja dengan informasinya semoga bermanfaat dan salam sehat?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar